Share, Discussion and Science

Bukit Tinggi, In Holiday

Kota Bukit Tinggi merupakan salah satu objek wisata favorit di pulau Sumatra, Indonesia bahkan Internasional. Bukit Tinggi, yang terletak di Provinsi Sumatra Barat ini, memiliki pemandangan alam yang cukup menakjubkan. Hal ini sebab di Sumatra Barat memiliki bentuk alam berupa perbukitan. Hal ini dapat kita lihat jika kita melakukan perjalanan darat dengan melewati lembah maupun bukit-bukit di sekitarnya. Menakjubkan memang, sehingga banyak wisatawan domestik maupun mancanegara berkunjung ke daerah ini.

Tepatnya tanggal  01 September 2011, hari kedua lebaran, saya dan keluarga melakukan perjalanan menuju kota Bukit Tinggi, Sumatra Barat. Kami pergi dengan menggunakan mobil pribadi melalui Kota Pekanbaru. Menurut teman saya yang berasal dari bukit tinggi, kota bukit tinggi sangat ramai jika di waktu-waktu lebaran. Bahkan ia menyarankan untuk menunda dulu keberangkatan dan datang di saat-saat hari biasa. Tapi mengingat ayah saya yang hanya libur beberapa hari, kami sekeluarga pun nekad untuk mengunjungi tempat wisata itu. Tidak banyak persiapan memang, cukup menyiapkan beberapa baju dan makanan untuk di jalan. Kami juga berencana hanya satu hari saja di sana dan pada hari esoknya kami akan kembali lagi ke pekanbaru.

Selama perjalanan, kami tidak mengalami hambatan yang berarti, namun bisa dikatakan cukup ramai ketika kami sampai diperbatasan Provinsi Riau dan Sumatra Barat, yaitu Kabupaten Lima Puluh Kota, yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatra Barat. Di daerah ini, jalanan sudah mulai ramai oleh kendaraan-kendaraan seperti mobil maupun sepeda motor dengan tujuan liburan maupun mudik. Nah, ketika kami sampai di Kota Payakumbuh, mulai tampak jelas kemacetan yang terjadi. It’s so crowded guys! Tapi apa mau dikata, kami pun harus terus melakukan perjalanan untuk mencapai kota bukit tinggi.

Finally, sekitar pukul 06.00 WIB, kami sampai di Kota Bukit Tinggi. Ini gila, bayangkan, kami menempuh waktu 2 jam untuk mencapai kota bukit tinggi, yang mana seharusnya kurang dari satu jam kami sudah sampai kota bukit tinggi. Kurang lebih 2 KM panjang kemacetan tepatnya dari kota payakumbuh ke kota bukit tinggi.

Well, sesampainya di kota bukit tinggi, kami pun berkeliling mencari hotel untuk menginap malam itu di tengah-tengah hiruk pikuk kota bukit tinggi di saat lebaran. Ini lebih-lebih dari Jakarta! But tetep, kami harus terus mencari hotel untuk malam itu, bahkan kami telah mendatangi hampir 10 Hotel maupun wisma dan ketika ditanya, jawabannya tetap sama, “Maaf, sudah penuh pak’’. Oh My God!!

Hampir nyerah memang, tapi kami terus mencari penginapan malam itu. Dan tepatnya pukul 21.00, akhirnya kami mendapatkan hotel yang lumayan mewah, yaitu Hotel Royal Denai, tepat di depan RSUD Kota Bukit Tinggi. Kami pun langsung beristirahat untuk melanjutkan wisata esok hari.

Pagi itu, tepat pukul 07.00 kami bersiap-siap menuju lobbi hotel untuk break fast. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan menuju Jam Gadang, Ngarai Sianok dan Japan Hole dengan menggunakan delman yang dengan mudah di dapatkan di kota tersebut. Well, we are so enjoyed it!

Setelah berkeliling menikmati kota bukit tinggi berikut tempat-tempat wisata nya, kamipun melanjutkan perjalanan untuk kembali ke kota pekanbaru. Menuju pulang ke pekanbaru, kami menyempatkan untuk mampir ke lembah harau yang masuk 6 KM ke dalam dari kota payahkumbuh. Di sana kami menemukan air  terjun yang cukup menakjubkan. Setelah itu, kami pun melanjutkan perjalanan diiringi hujan yang cukup deras. So, cukup sekian posting kali ini. See you to next post!