Share, Discussion and Science

To Begin With The End In Mind

Judul di atas merupakan salah satu ungkapan dari Stephen Covey dalam bukunya Seven Habits of Highly Effective People. Maknanya adalah segala sesuatunya harus di mulai dari hasil akhir yang ingin kita raih. Artinya, sebelum melakukan tindakan apapun langkah pertama yang harus kita ambil adalah mundur sejenak untuk berfikir dan membayangkan apa nantinya yang akan kita capai.
Sebagai seorang pribadi, tentunya kita memiliki keinginan-keinginan yang ingin di capai, baik itu jangka panjang maupun jangka pendek. Dalam kajian manajemen, hal itu biasa di sebut visi dan misi. Visi adalah tujuan utama dan diprioritaskan untuk di masa mendatang atau dalam jangka panjang, sedangkan misi adalah upaya atau tujuan-tujuan yang ingin di capai dalam jangka pendek. Melalui misi-misi tersebutlah maka visi dapat tercapai.
Bagaikan seseorang yang ingin membangun rumah, ia tidak akan menggali tanah untuk membuat fondasi terlebih dahulu. Ia akan membayangkan berapa jumlah kamarnya, dimana letaknya, menghadap kemana arah pintunya, bagaimana bentuk ruang tamunya dan lain-lain. Baru kemudian ia menuangkan semua bayangan itu ke dalam gambar. Selanjutnya adalah menjalankan aktivitas-aktivitas riil sebagai langkah konkret untuk mewujudkan bayangannya.
Seperti itulah seharusnya kita. Harus membayangkan apa yang menjadi main goalsnya.  Melalui hal itu, maka kita akan mengetahui langkah-langkah konkret yang mesti dilakukan untuk mencapainya.
Segala sesuatu terjadi bukan karena kebetulan, tetapi karna sudah kita perhitungkan dan pertimbangkan, sehingga apapun hasilnya kita tidak akan merasakan sia-sia atau hanya membuang waktu. Dari hal itu, kita dapat melakukan evaluasi untuk memperbaiki langkah-langkah berikutnya agar lebih optimal. (Morinspira).

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Komentar Untuk Artikel ini..Dengan ini, kita bisa sharing dan diskusi..Syukran